Syirik Merasa Bernasib Sial karena Bulan, Hari, Burung Hantu

Diposkan oleh Ruly Abdillah Ginting on Wednesday, December 25, 2013



 
 
 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim

Pertanyaan

Sesungguhnya kami mendengar bahwa disana ada keyakinan pada bulan shafar tidak boleh melaksanakan pernikahan, khitan dan yang semisal dengan hal itu, kami mengharapkan untuk bisa diberikan penjelasan bagaimana pandangan syariat Islam akan hal ini, semoga Allah menjaga anda.

Jawab  

 Tentang apa yang telah disebutkan bahwa tidak boleh melaksanakan pernikahan, khitan dan yang semisal dengan hal itu pada bulan shafar maka ini termasuk perbuatan merasa pesimis akan bernasib sial yang terlarang berkait bulan (ini termasuk kesyirikan).
 Dan merasa bernasib sial terhadap bulan, atau hari atau berbagai perasaan akan bernasib sial karena suatu hal seperti karena hewan maka ini tidak boleh (ini merupakan kesyirikan). 
Albukhari dan Muslim telah meriwayatkan dari abu hurairah radhiallahu 'anhu  bahwa Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, tidak ada 'adwa (tidak ada penularan penyakit karena suatu hal), tidak ada thiyarah (tidak ada kesialan karena ada suatu hal), tidak ada hammah (tidak ada kesialan karena ada burung hantu), tidak karena bulan shafar (tidak ada kesialan karena bulan shafar).
Dan merasa pesimis mendapat kesialan terhadap bulan shafar maka termasuk dari thiyarah yang terlarang akan hal itu, dan ini termasuk perkara jahiliyah yang telah dihapus oleh agama Islam.

Lihat Fatwa  : Fatwa Komite Tetap Pembahasan Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi : http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=183&PageNo=1&BookID=12



Sumber : Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Artikel ini di Posting : Ruly Abdillah Ginting Tentang Dunia Islam

Ruly Abdillah Ginting Terima Kasih sahabat telah membaca : Syirik Merasa Bernasib Sial karena Bulan, Hari, Burung Hantu Silahkan membaca artikel lainnya tentang di sini Tentang Dunia Islam
Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers