Hendaknya Sesama Muslim Bejabat Tangan & Ucap Salam

Diposkan oleh Ruly Abdillah Ginting on Sunday, January 6, 2013



 
 
 
 
 
 
  Nasehat Muslim  
Pertanyaan   
 Apa yang lebih utama bagi orang yang berada didekat seorang yang sedang membaca alqur'an, apakah mengucap salam dan bejabat tangan padanya setelah selesai sholat tahiyatul masjid, atau tidak memutus bacaan alqur'annya dan tidak memutus kesibukannya membaca alqur'an lebih utama? 
Jawab
 Dalam kondisi ini maka yang lebih utama adalah mengucap salam dan berjabat tangan dengannya.

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, apabila bertemu dua orang muslim kemudian mereka saling berjabat tangan, maka akan berguguran dosa dari keduanya sebagaimana gugurnya daun dari pohon.

Dan berkata anas radhiallahu'anhu bahwa dahulu sahabat nabi shalallahu'alaihi wassalam apabila mereka saling bertemu maka mereka saling berjabat tangan, dan jika kembali dari shafar (bepergian jauh) maka mereka saling berpelukan (HR. atthabrani)

Dengan berjabat tangan dan mengucap salam maka akan lebih menguatkan kecintaan, saling berlemah lembut dan saling mengenal sesama muslim.

Dan memutus pembacaan alqur'an karena adanya perkara yang maslahat maka itu adalah perkara yang baik, wallahu waliyuttaufiq. 
 
Lihat Fatwa Syaikh Abdul Azis bin baz Arab Saudi : http://www.binbaz.org.sa/mat/1109


   


Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Artikel ini di Posting : Ruly Abdillah Ginting Tentang Dunia Islam

Ruly Abdillah Ginting Terima Kasih sahabat telah membaca : Hendaknya Sesama Muslim Bejabat Tangan & Ucap Salam Silahkan membaca artikel lainnya tentang di sini Tentang Dunia Islam
Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers