Jangan Biarkan Hape Berdering Ketika Sholat

Diposkan oleh Ruly Abdillah Ginting on Thursday, January 24, 2013



Jangan Biarkan Hape Berdering Ketika Sholat

ringtone_handphone_HPKita sering terganggu dengan suara HP saat shalat. Apalagi jika suara HP bordering di tengah shalat jama’ah dan dibiarkan begitu saja saat jama’ah sedang shalat. Bagaimana hukum hal ini? Apakah kita biarkan saja, atau mesti dimatikan? Syaikh Kholid bin ‘Ali Al Musyaiqih hafizhohullah merinci masalah ini menjadi:
1- Jika suara dering mengganggu, maka makruh jika dibiarkan (tidak dimatikan). Dalilnya adalah berbagai dalil yang melarang setiap hal yang menyibukkan dalam shalat. Namun jika yang terdengar suara musik dari HP, maka haram jika dibiarkan. Karena memperdengarkan musik terlebih di rumah Allah termasuk keharaman.
2- Jika suara dering tidak mengganggu, maka tidak mengapa dibiarkan. Namun jika sampai menyibukkan orang yang shalat, maka sebaiknya dilakukan langkah seperti point pertama. Wallahu a’lam. (Fiqhun Nawazil, hal. 117)
Lihat juga Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 7: 29-30 nomor 1870.
Semoga bermanfaat. Wallahul muwaffiq.

Artikel ini di Posting : Ruly Abdillah Ginting Tentang Dunia Islam

Ruly Abdillah Ginting Terima Kasih sahabat telah membaca : Jangan Biarkan Hape Berdering Ketika Sholat Silahkan membaca artikel lainnya tentang di sini Tentang Dunia Islam
Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers